Minggu, 25 April 2010

Antara Definisi, isi Otak dan Perbedaan

isi dua tulisan sebelumnya sedikit serius (baca: CBM dan Iklan). sekarang saya mau mengeluarkan uneg-uneg yang bener-bener serius. saking gak punya kerjaannya sampe akhirnya nulis sesuatu kayak beginian. hahahaha

menurut selo soemardjan "Alay adalah perilaku remaja Indonesia, yang membuat dirinya merasa keren, cantik, hebat diantara yang lain. Hal ini bertentangan dengan sifat Rakyat Indonesia yang sopan, santun, dan ramah. Faktor yang menyebabkan bisa melalui media TV (sinetron), dan musisi dengan dandanan seperti itu." (gak tau saya nih bener definisinya dia apa bukan, dapet dari kaskus).

kata tetangga, alay ituh bisa didefinisikan atau diciri-cirikan dari penulisan huruf yang -bacanya-aja-bisa-bikin-kayang, dari foto yang berlebihan, afiliasi terhadap band apalah, gaya rambut berpakaian atau apalah, dan lain-lain banyak sekali.
tapi saya punya sedikit pendapat lain mengenai alay tersebut. (saking gak ada kerjaannya). hahahaha.

jadi, entah kapan saya sedang mendengarkan beberapa lagu dari seniman asal Indonesia (tidak perlu disebutkan namanya, yang jelas lagu dari album "in medio", "balada Joni dan Susi" dan "skenario masa muda". -ketauan gak niat ngumpetin-) dan saya langsung dibilang, "Ci, lagu lo kok alay-alay semua sih?". sontak gw menunjukkan muka sedikit kesal. namun, gw balas ketika dia sedang mendengarkan salah satu lagu dari grup musik terkenal di Indonesia, langsung saya bilang "lo lagu alay gini didengerin".

ketika sampai dirumah, terus bengong, dan akhirnya mendapatkan sebuah kesimpulan. menurut saya, definisi alay seseorang dengan orang lain berbeda-beda tergantung dari sesuatu yang dia suka, dia anggap itu benar dan sesuai dengan selera orang yang bersangkutan. Ada orang yang bilang Tul!S4N K4y4K 91n1 alay tetapi mungkin bagi orang yang Tul!S4N-nya K4y4K 91n1, kalau nulisnya gak kayak gitu dibilang alay juga. ada yang ngatain "tuh orang rambutnya alay banget deh" tapi mungkin bagi orang yang dikatain alay tersebut juga ngatain orang lain yang rambutnya-gak-kayak-dia alay juga. so, sama kejadiannya seperti saya yang menganggap kalau lagu band itu alay, toh ternyata selera lagu gw juga dibilang alay -yang notabene menurut gw tidak alay sama sekali-. so, sekali lagi definisi tersebut benar-benar tergantung dari persepsi seseorang terhadap sesuatu. Jadi, apa definisi alay menurut kamu??? hahahahaha. yang jelas cuman di Indonesia ada alay. hahaha

*NOTE:
1. tulisan diatas dibuat saat sedang iseng-iseng pas lagi gak ada kerjaan.
2. pendapat tersebut terlalu subjektif.
3. jangan dimasukkan kehati, berbeda pendapat wajar.
4. tulisan diatas cuman uneg-uneg saya saja

Tidak ada komentar:

Posting Komentar