Senin, 26 Desember 2011

ANOXIA

Pernah mendengar istilah anoxia atau asphyxia?

Sebenarnya, Istilah tersebut sangat populer di industri-industri gas sebagai bahaya nomor satu yang paling mematikan. Lantas apa itu anoxia?

Anoxia atau asphyxia adalah peristiwa kekurangan supply oksigen kedalam darah atau organ. Berikut ini bahaya dari anoxia:

21 % oxygen, Kondisi normal

14 - 18 % oxygen, Sesak pernafasan

10 - 14 % oxygen, Gangguan pada ingatan (kurang Oxygen pada otak), abnormal fatique (terasa lelah), pernafasan terganggu (terengah-engah)

6 - 10 % oxygen, Tidak sadarkan diri ( pingsan ).

< 6% oxygen, Pernafasan berhenti, Kematian

Kadar oksigen bisa saja langsung turun secara cepat menjadi <6%, dan jika kita berada di kondisi seperti itu, kita bisa dipastikan meninggal dalam 3 detik tanpa merasakan kesakitan, tanpa bisa meminta pertolongan, atau ekstermnya kita tidak tahu bahwa 3 detik mendatang kita akan meninggal.

So, bagaimana caranya membuat kondisi ruangan menjadi berkurang kadar oksigennya? Oh no, tentu saja tidak akan saya beritahukan disini. Nanti dimanfaatkan oleh orang-orang galau untuk bunuh diri lagi :p. Hahaha.

Yang jelas berhati-hatilah jika anda pergi ketempat pengelasan dan tempat-tempat dengan tanda bahaya seperti ini:


2 komentar:

  1. saya pernah mendengar istilah itu mba,,
    bahkan saya tulis di skripsi saya,parah juga efeknya..

    BalasHapus
  2. Saya penasaran, karena ada tulisan "Tidak diperbolehkan bagi penderita Anoxia." Di manual produk yg saya beli.

    BalasHapus